Like

BAGI ANDA MERASA INI BERMANFAAT SILAHKAN LIKE PAGE ON FACEBOOK DIBAWAH INI!!!


Like Page halaman http://iswahyuniiswahyuni.blogspot.com/ di Facebook!!

Rabu, 27 Juni 2012

10 Efek Buruk Berlama-lama di Depan Komputer

Bagi Anda yang kerap menggunakan komputer dalam jangka waktu lama. Ada baiknya Anda perhatikan informasi penting berikut ini, seperti yang dikutip dari Boldsky. Jangan sampai penggunaan perangkat elektronik yang satu ini menyumbangkan bahaya bagi kesehatan meski keberadaannya kian dibutuhkan. 

1. Bahu Lelah. Berlama-lama duduk di depan komputer apalagi dengan posisi yang tidak tepat akan memicu cepat kelelahan, nyeri dan pegal pada bahu, leher, maupun pinggang. 

2. Kecenderungan membungkuk menyebabkan gangguan pada bentuk postur tubuh. 
Hal yang lebih berbahaya lainnya yaitu, tulang belakang melengkung ke depan sehingga membentuk mirip huruf C, karena tekanan saat membungkuk yang berlebihan. 

3. Jika Anda mengoperasikan komputer selama 8 jam perhari, dapat dipastikan mata akan terasa perih. 
Hal tersebut merupakan dampak dari penguapan air mata yang meningkat atau berkurangnya produksi air mata akibat lamanya menatap layar monitor. 

4. Gangguan saraf pada jari. Hal tersebut biasa disebut sebagai trigger finger yang merupakan kondisi akibat kondisi jari tangan yang menekuk dalam waktu yang lama, dan terkadang tidak dapat diluruskan secara spontan. Hal tersebut merupakan efek dari longgranya urat jari sehingga kehilangan fleksibilitas dan pada akhirnya akan membuat otot jari menjadi kaku.

5.  pembekuan pembuluh vena dalam (Deep Vein Thrombosis/DVT)
DVT adalah pembekuan darah yang  terjadi pada pembuluh vena dan biasanya terjadi pada bagian betis. Jika pembekuan ini tidak dicairkan dengan obat pengencer darah, biasanya akan pecah dan terbawa ke paru-paru dan berujung pada emboli paru-paru yang mematikan.

6.  Penglihatan Ganda Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan. 
Mata kita ada dua. Kedua mata harus berkoordinasi dengan tepat agar kita hanya melihat satu obyek. Berhadapan dengan monitor komputer, sering kita lakukan dari jarak dekat, dan penglihatan ganda ini akan terjadi jika kita terlalu lama menatap layar monitor komputer tersebut. Jadi penglihatan ganda ini merupakan salah satu sakit mata akibat penggunaan komputer berlebihan.

7. Impotensi
Jangan terkejut! Impotensi adalah bahaya pekerjaan yang umum pada dewasa ini. Jika Anda menjaga laptop secara langsung di pangkuan, maka Anda telah membunuh cukup sperma. Maka dari itu, selalu gunakan papan atau baki untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau ini bisa menjadi penyebab impotensi setelah digunakan berkelanjutan.

8. Pernafasan dan Peredaran Darah. 
Saat berlama-lama bekerja dengan mengeluarkan sedikit energi, cara kita bernafas cenderung sangat pendek. Bernafas pendek-pendek dalam waktu lama berarti membiarkan banyak udara pengap di dalam paru-paru dan mengurangi efisiensi pengambilan oksigen dari paru-paru ke dalam darah. Level oksigen di dalam darah semakin menurun sehingga berdampak pada suplai darah ke dalam otot, saluran pencernaan, organ-organ dalam, dan otak. Tubuh dan otak kita tidak mampu bekerja pada level optimal.Hal ini bisa berefek pada semuanya, mulai dari seringnya terjadi sakit kepala hingga efisiensi mental, resistensi terhadap penyakit-penyakit umum, kebugaran fisik dan jantung.
9. Terlalu lama di depan komputer bikin rahang kendur. Duduk di hadapan layar komputer selama berjam-jam membuat rahang menjadi kendur karena biasanya wanita hanya duduk dalam satu posisi untuk jangka waktu yang panjang. Keadaan kian diperparah karena dalam keadaan tersebut biasanya wanita berkonsentrasi keras, sehingga akhirnya mereka lupa untuk berekspresi dan lebih banyak merengut dalam sebagian besar waktunya. Lambat laun, kerutan di dahi mereka dan keriput di sekitar mata seperti yang mereka takutkan justru bermunculan. Efek untuk jangka panjang yang kedua adalah leher yang selalu siaga dalam posisi “turtle neck” ketika berada di depan komputer membuat otot leher pun menjadi pendek dan kendur karena terlalu sering membungkuk.

10. Radiasi Elektromagnetik. Sadarilah bahwa duduk di depan tabung sinar katoda yang memancarkan elektron secara langsung ke wajah dan otak bukan ide yang bagus.Jika duduk di depan monitor, telepon genggam atau lampu tabung fluorescent membuat Anda sakit kepala, berarti tubuh Anda sedang berusaha memberitahukan ada sesuatu yang tidak beres di dalamnya.





Nah agar mata tidak cepat lelah saat bekerja di depan komputer, hal yang harus dilakukan sebagai berikut:

A. Beristirahatlah 10 hingga 15 menit

B. Lihat objek yang jauh kurang lebih selama 10 detik

C. Stretching atau melakukan latihan mata

D. Atur pencahayaan dari komputer

E. Istirahatkan mata selama 1 jam

F. Atur posisi duduk (90 derajat), posisi keyboard (100 derajat) dari siku Jarak layar komputer sekitar 50-75 cm


Sumber : LINK, LINK, DAN LINK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar