Like

BAGI ANDA MERASA INI BERMANFAAT SILAHKAN LIKE PAGE ON FACEBOOK DIBAWAH INI!!!


Like Page halaman http://iswahyuniiswahyuni.blogspot.com/ di Facebook!!

Kamis, 21 Maret 2013

Sehat Mandi Air Dingin di Pagi Hari




 


         Mandi di pagi hari rasanya super malas. Kalaupun harus mandi, air panas menjadi pelarian. Karena dingin, banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh. Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar lebih sehat. Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia. Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin. 

         Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma. Selain itu, mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi dan air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air. Sementara mandi air dingin terutama pada pagi hari justru dapat memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah.

Mau tahu manfaat lain dari mandi menyegarkan dengan air dingin? Simak ulasan berikut.


Mandi air hangat baik di pagi dan malam hari memang membuat tubuhrileks, tapi ternyata terlalu sering mandi air hangat dapat berbahaya bagi kesuburan pria. Ternyata, suhu panas bisa berdampak buruk pada penurunan jumlah sperma pria. Oleh karena itu, jangan biasakan pasangan Anda mandi air hangat jika Anda ingin memiliki keturunan darinya.



Ketika air dingin menyentuh kulit Anda, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengalami kontraksi. Hal ini mengurangi sirkulasi darah yang ada, tetapi pada saat yang sama darah memberikan gaya dorong pada jaringan di tubuh. Hal ini menyebabkan darah beredar dengan gaya dorong yang ekstra sehingga darah akan lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh.



Sama seperti saat cuaca dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas sehingga sistem metabolisme tubuh akan bekerja dengan cepat. Saat itulah, ekstra karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat tubuh hangat. Ketika mekanisme tubuh meningkatkan suhu tubuh, pada saat yang sama tubuh melepaskan sel darah putih sebagai prajurit untuk melawan beragam penyakit. Menjaga metabolisme menjadi kunci bagi Anda untuk tetap bersemangat hingga 12-15 jam kedepan. Ini berarti, Anda akan menjadi orang yang lebih aktif sepanjang hari. 



Setelah Anda berolahraga, otot-otot Anda meradang dan memerlukan waktu untuk bersantai. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat otot Anda akan melebar dan kontraksi. Untuk mencegah serat otot pecah karena olahraga yang berlebihan, mandi air dingin sangat disarankan setelah melakukan olahraga.


Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.


Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.


Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktikkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut prajurit, mandi air dingin dapat memberi semangat, membantu memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari.



Ada bukti bahwa suhu dingin merangsang jaringan lemak di tubuh untuk membakar ekstra kalori


Air dingin membawa darah ke kapiler yang meningkatkan sistem peredaran darah dan merilekskan otot-otot yang tegang, sehingga memperbaiki sirkulasi darah.


Mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Sumber : 
- http://id.she.yahoo.com/jangan-takut-dengan-air-dingin-005420564.html
-https://www.facebook.com/notes/kesehatan-wanita/manfaat-mandi-menggunakan-air-dingin-di-pagi-hari/404378046282179

Tidak ada komentar:

Posting Komentar