Like

BAGI ANDA MERASA INI BERMANFAAT SILAHKAN LIKE PAGE ON FACEBOOK DIBAWAH INI!!!


Like Page halaman http://iswahyuniiswahyuni.blogspot.com/ di Facebook!!

Kamis, 30 Agustus 2012

Sedekah



Pengertian Sedekah
       Sedekah asal kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).

Manfaat Sedekah
1. Mengundang datangnya rezeki
         Sedekah dapat mengundang datang nya rezeki kepada kita. Alasannya sederhana. Misalnya kita ibaratkan sedekah adalah sebuah benih rizki, lalu kita tanam benih tersebut dan tumbuh besar sehingga berbuah. Bisa anda bayangkan buahnya pasti lebih banyak dari benih nya. Betul tidak ? menanam satu benih, tumbuh satu pohon, dan berbuah banyak. Rasulullah bersabda : “Pancinglah Rejeki dengan sedekah”

2. Menolak bala
            Sedekah dapat menolak bala, sesuai dengan perkataan rasulullah saw : ”Bersegeralah sedekah, sebab yang namanya bala tidak dapat mendahului sedekah”. Hadis tersebut memberi pencerahan bahwa dengan kita bersedekah, bala tidak akan datang, karena sudah didahului oleh sedekah ( seperti hadis diatas).

3. Sedekah dapat menyembuhkan penyakit
       Rasulullah saw bersabda :”obatilah penyakitmu dengan sedekah”. Dari hadits tersebut rasulullah menyuruh kita untuk mengobati penyakit dengan sedekah. Logika nya seperti ini misalkan kita bersedekah kepada seseorang, maka orang yang di sedekahi itu merasa terbantu dan mendo’akan kita segala yang baik-baik termasuk kesehatan. Itu baru kepada satu orang, jika kita banyak bersedekah kepada banyak orang, maka banyak orang pula yang mendo’akan kita. Bagaimana, masuk akal bukan ?

4. Sedekah dapat memperpanjang umur
        Sedekah dapat memperpanjang umur, panjang umur di sini bukan umur kita panjang sampai ratusan tahun, tapi kita akan terus dikenang banyak orang karena kita rajin bersedekah. Rasullah bersabda :”perbanyaklah bersedekah, sebab bisa memperpanjang umur”.

5. Mensucikan Jiwa. 
     Ambillah zakat dari sebagian harta mereka , dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka , dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya dia kamu itu ( menjadi ) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka, Dan Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui.“ (QS At-Taubah: 103)

Memberikan Sedekah

       Kadang kita mau sedekah bingung kepada siapa yang lebih utama, padahal dalam quran dan hadits banyak menyebutkan kepada keluarga terdekat, anak istri, ortu, saudara utama,kemudian yatim, miskin, tetangga, musafir, pengemis, fisabilillah, dan menebus budak, tanpa menyebutkan amil, kecuali zakat. Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang- orang miskin dan orang- orang yang sedang dalam perjalanan." Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya"

Hadist Nabi Tentang Sedekah

1. Rasulullah Saw bersabda, “Sedekah yang paling utama adalah memelihara lidah (dari janji kosong, dusta, mengadu-domba, ghibah atau mengumpat dll) .” (Nahjul Fashahah, hadis no. 405)

2. Rasulullah Saw bersabda, “Sedekah yang paling baik adalah sedekah dari orang yang berkecukupan. Tangan di atas adalah lebih baik daripada tangan di bawah. Mulailah memberi nafkah kepada orang yang menjadi tanggunganmu.” (Nahjul Fashahah, hadis no. 401)

3. Rasulullah Saw bersabda, “Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah segala amalannya, kecuali tiga perkara: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakannya.” (Nahjul Fashahah,hadis no. 240)

4. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya sedekah dapat mengurangi pelakunya dari panasnya alam kubur. Kelak, orang beriman berteduh pada Hari Kiamat di bawah payung sedekahnya.” (Nahjul Fashahah, hadis no. 648)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar