Like

BAGI ANDA MERASA INI BERMANFAAT SILAHKAN LIKE PAGE ON FACEBOOK DIBAWAH INI!!!


Like Page halaman http://iswahyuniiswahyuni.blogspot.com/ di Facebook!!

Sabtu, 06 April 2013

10 Agar Pembulu Darah Tidak Mampet


     Peredaran darah dalam tubuh kita ibarat jalan dalam sistem perlalu-lintasan. Darah merupakan kendaraan yang hilir mudik membawakan sari makanan untuk bagian-bagian tubuh. Sedangkan pembuluh darah merupakan jalannya. Kalau ada hambatan, sirkulasinya juga bisa macet dan mampet. Hambatan itu di antaranya berupa plak di pembuluh darah. Plak membuat pembuluh darah menjadi sempit dan terkadang malah mampet. Alhasil, bagian tubuh yang seharusnya memperoleh makanan menjadi terganggu. Bayangkan saja kalau bagian tubuh itu otak. Penyakit gawat pun siap mengancam.

      Mengakui gizi merupakan komponen utama penyebab penyakit pembuluh darah. Namun, beberapa gizi lainnya juga dapat bertindak sebaliknya. "Sebenarnya tidak ada makanan yang mampu membersihkan arteri. Dengan menjauhi makanan tertentu yang dapat meningkatkan peradangan pembuluh darah dan menggantinya dengan makanan yang menghambat peradangan, tentu kita bisa mengurangi penyakit arteri. Dengan perubahan pola makan, kita bisa menghapus tumpukan lemak atau kolesterol di dinding pembuluh darah dan membuatnya menjadi lebih kuat, bersih dan stabil. Akhirnya, mencegah terjadinya pembekuan darah, yang menyebabkan serangan jantung. Yang tak kalah penting, jangan berharap pembuluh darah bersih dari makanan saja. Jika Anda masih merokok, sama saja bohong. Tekanan darah tinggi/hipertensi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah karena tidak kuat menahan tekanan darah yang sangat tinggi. Jika sudah begitu, pihak medis juga tak bisa berbuat-apa-apa.

Nah, dibawah ini tips agar pembuluh darah tidak mampet :D



Kaya akan asam lemak omega 3, yang merupakan nutrisi bermanfaat dalam mengatur denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kolesterol darah, menurunkan trigliserida dan memperlambat laju penumpukan plak.



Antioksidan dalam teh hijau sudah dikenal dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kesehatan kulit, pencegahan kanker, mengontrol gula darah dan kolesterol. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsinya setiap hari.



Tak perlu khawatir, almond mengandung lemak baik, tipe lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini justru menurunkan kolesterol darah, mengontrol kadar gula darah dan mengandung vitamin E yang sangat baik bagi tubuh. Kacang almond boleh lho jadi cemilan sehat Anda.



Sayuran hijau ini kaya akan kalium yang meningkatkan fungsi otak, mengatur tekanan darah dan meningkatkan pertumbuhan otot. Brokoli juga penuh serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.



Sebuah penelitian di tahun 1996 oleh peneliti Meksiko menemukan bahwa orang yang alpukat setiap hari selama satu minggu mengalami penurunan rata-rata 17 persen kolesterol total darah. Bahkan, tingkat kolesterol buruk menurun dan meningkatkan kolesterol baik.


Serat larut yang ditemukan dalam gandum, beras merah dan oatmeal memiliki efek menyeimbangkan pada kadar kolesterol darah untuk menjaga arteri tetap bersih.



Delima mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan arteri dari kerusakan. Penelitian dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa antioksidan dalam delima juga merangsang tubuh memproduksi oksida nitrat, yang membantu menjaga kestabilan aliran darah.



Sebuah studi 2011 menemukan bahwa orang pada usia 65 atau lebih tua yang secara teratur mengonsumsi minyak zaitun baik untuk masakan terhindar dari risiko penyakit stroke hingga 41 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun sama sekali. selain untuk penyakit stroke juga bisa mempelancar peredaran darah.



Kunyit adalah anti inflamasi alami yang kuat. Kunyit juga mengandung kurkumin yang menurunkan peradangan penyebab utama arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bahwa kurkumin dapat membantu mengurangi lemak berlebih dalam arteri sebanyak 26 persen.



Semangka juga dapat membantu melindungi jantung Anda. Sebuah studi di Florida State University menemukan bahwa orang diberi 4.000 mg suplemen L-citrulline (asam amino yang ditemukan dalam semangka) mengalami penurunan tekanan darah hanya dalam waktu enam minggu. Para peneliti mengatakan bahwa asam amino dalam semangka dapat membantu tubuh Anda memproduksi oksida nitrat, yang memperlebar pembuluh darah.

Sumber :
-  http://id.she.yahoo.com/supaya-pembuluh-darah-tidak-mampet-075339536.html
-  http://d-hani.blogspot.com/2012/11/makanan-untuk-melancarkan-peredaran.html

1 komentar:

Arsip Blog