Like

BAGI ANDA MERASA INI BERMANFAAT SILAHKAN LIKE PAGE ON FACEBOOK DIBAWAH INI!!!


Like Page halaman http://iswahyuniiswahyuni.blogspot.com/ di Facebook!!

Minggu, 07 April 2013

10 Makanan Untuk Jantung Sehat


             Serangan jantung adalah penyakit mematikan nomor satu di dunia, dengan tingkat penderita meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang salah. Ingin punya jantung sehat? berikut Anda akan mengetahui makanan apa saja yang justru akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda.


Kaya akan serat, protein, kalsium, magnesium dan vitamin C. Pilih plain low-fat yogurt atau yang memiliki kandungan gula berlebih.



sumber kalori sehat yang kaya serat, vitamin dan mineral, zat besi, magnesium dan folat. Beberapa studi telah mengaitkan konsumsi gandum untuk menurunkan kolesterol darah dan pencegahan penyakit kardiovaskuler. Sereal gandum, oat dan pasta gandum adalah contoh makanan yang baik untuk jantung Anda. Kaya serat, HDL dan ampuh turunkan LDL.



Kaya akan magnesium dan antioksidan yang ampuh turunkan tekanan darah dan mencegah penyerapan kolesterol jahat ke dalam tubuh.



Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung.



Kacang-kacangan merupakan sumber makanan rendah lemak dan kaya vitamin B, folat, kalium, besi, magnesium, serat, protein, dan fitokimia (senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis termasuk penyakit kardiovaskular). Kacang hitam, kacang merah, kacang navy, kacang polong dan buncis adalah beberapa contoh kacang yang baik untuk jantung Anda.



Tidak seperti paprika hijau, paprika merah sama seperti tomat yang mengandung lycopene. Paprika merah juga sumber serat dan antioksidan berupa vitamin A dan C yang baik bagi kesehatan jantung.



Lycopene, senyawa pemberi warna merah pada tomat yang merupakan antioksidan menyehatkan bagi tubuh. Penelitian bahkan membuktikan kalau kandungan tersebut adalah pelindung jantung dari penyakit kardiovaskular.


Jika tomat mengandung lycopene, maka cherry memiliki anthocyanin yang memberi warna merah terang pada buahnya. Antioksidan tersebut pun memiliki beberapa khasiat kesehatan, seperti anti inflamasi, pereda rasa nyeri setelah beraktivitas fisik, dan merupakan pelindung jantung.



Kaya akan asam lemak omega 3, salmon efektif untuk mengurangi tekanan darah dan menjaga pembekuan diteluk. Dua porsi salmon per minggu dapat mengurangi resiko kematian akibat serangan jantung sampai sepertiganya. "Salmon berisi karotenoid astaxanthin, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat, " kata ahli jantung Stephen T. Sinatra, MD. Bagi anda yang bukan penggemar salmon, ada alternatif lain. Minyak ikan lain seperti mackerel, tuna, herring, dan sarden bisa memberikan dorongan yang sama pada jantung.



Sayuran berwarna selalu baik untuk kesehatan Anda, termasuk ubi manis. Tanaman umbi-umbian yang mirip dengan kentang ini mengandung antioksidan yang akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Sekalipun bentuknya tidak menarik, rasanya lezat dan manis alami. Anda bisa memasak ubi manis dengan mengukusnya atau memotongnya dalam ukuran kecil dan dicampur dengan ayam panggang.

Sumber:
- http://id.she.yahoo.com/sarapan-untuk-jantung-sehat-005546840.html
- http://duniafitnes.com/nutrition/10-makanan-lezat-untuk-jantung-sehat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog