Memiliki
sebuah jaringan bukanlah suatu hal yang murah. Banyak komponen-komponen
jaringan yang harus dibeli dengan biaya yang cukup besar. Semakin luas
jaringan, semakin banyak komponen jaringan dan semakin besar biaya yang di butuhkan.
Bagi
sebuah perusahaan, koneksi Internet menjadi sebuah bagian yang penting dalam
bisnis. Terputusnya koneksi Internet dapat mengakibatkan kerugian, sebagai
berikut:
- Terhambatnya proses pelaksanaan bisnis suatu perusahaan
- Tertundanya beberapa pekerjaan yg dapat mengakibatan kerugian materi
Dari
penjelasan di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa jaringan adalah suatu
asset yang berharga. Oleh karena itu, diperlukan suatu perawatan dan
pemeliharaan jaringan. Tujuannya adalah agar komponen-komponen jaringan tidak
cepat rusak, dan dapat bertahan cukup lama. Selain itu perawatan dan
pemeliharaan juga dilakukan agar jaringan dapat terus digunakan sebagaimana
mestinya.
|
Seperti
yang telah dijelaskan di atas, perawatan jaringan perlu dilakukan. Mengaudit
suatu peralatan jaringan perlu dilakukan jika informasi tentang itu belum
tersedia. Peralatan jaringan yang diaudit meliputi Ethernet Card, Hub, Switch,
Router, dan peralatan jaringan lainnya.
Suatu
strategi-strategi perawatan untuk menjaga kontinuitas operasi IT dan fungsi
bisnis diidentifikasi berdasarkan faktor, faktor tersebut antara lain adalah
sebagai berikut:
- Anggaran
- Persyaratan SLA
- Kebutuhan bisnis
Untuk
itu dalam menguji suatu strategi perawatan perlu mempertimbangkan beberapa
faktor di atas. Jadwal perawatan komponen jaringan juga harus dilakukan dan
dipertimbangkan berdasarkan faktor-faktor di atas.
Dalam
strategi perawatan jaringan, suatu dokumentasi arsitektur dan konfigurasi
sistem jaringan juga perlu ditinjau kembali. Tujuan dilakukan pemberian
informasi ini adalah untuk menyediakan suatu informasi terbaru sehingga dapat
dilakukan suatu penanganan yang mudah jika terjadi suatu kerusakan atau
kesalahan dalam ja ringan.
SLA
SLA
atau yang dikenal dengan perjanjian tingkat layanan adalah perjanjian formal
antara Service Provider dengan pelanggan untuk menetapkan suatu level pelayanan
(QoS) tertentu. SLA disiapkan untuk mencocokkan pengguna dengan persyaratan
bisnis.
SLA
perlu dipersiapkan untuk sesuai dengan parameter yang berlaku. Beberapa
parameter yang dapat mempengaruhi SLA untuk layanan voice adalah sebagai
berikut :
- Paket loss Delay
- Throughput
- Jitter
Help Desk
Help
desk dan fungsi dukungan lain diatur menurut prosedur dan standar yang
disetujui dan sesuai dengan praktek terbaik yang ada di industri. Help Desk
adalah suatu sistem pendukung yang didesain untuk menuntun pelanggan dengan
jawaban teknis dan fungsional. Help Desk sangat membantu bagi pelanggan yang
ingin mengadukan suatu kerusakan pada jaringan.
Metode Identifikasi Masalah
Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dalam
sistem jaringan, sebagai berikut
|
Metode ini melakukan pelacakan hal-hal yang menyebabkan
terjadinya kesalahan pada sistem jaringan hingga dapat menemukan solusi yang
tepat.
- Metode Try and Error
Metode ini
melakukan percobaan dan mencatat hasil yang dikeluarkan untuk menemukan
pemecahan dalam menangani masalah yang timbul.
Berikut ini
adalah contoh-contoh kasus pada jaringan dan tindakan yang harus dilakukan.
Kasus & Tindakan
Kasus : Suatu server yang berfungsi untuk melakukan resolver dari nama domain ke IP address pada jaringan sedang mati atau down
Tindakan : Merestart kembali daemon DNS untuk diaktifkan
Kasus &
Tindakan
Kasus : Suatu server pada jaringan sedang mati atau down sehingga para klien tidak dapat mendapatkan IP dinamis dari server tersebut
Tindakan : Merestart kembali daemon DHCP untuk diaktifkan
Kasus &
Tindakan
Kasus : Suatu server yang berfungsi untuk mengelola halaman suatu
situs pada jaringan sedang mati atau down
Tindakan : Merestart kembali daemon APACHE untuk diaktifkan
P erawatan Perangkat Jaringan
Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada dua buah perangkat dalam
jaringan:
- Perangkat Keras
- Perangkat Lunak
Perawatan
Perangkat Keras
Berikut ini adalah cara-cara dalam melakukan perawatan perangkat
keras jaringan agar jaringan dapat beroperasi dengan baik:
- Membersihkan setiap perangkat keras jaringan dari debu yang menumpuk
- Melakukan penyusunan kabel LAN secara teratur untuk mudah dalam melakukan penelusuran kesalahan. Oleh karena itu kabel LAN biasanya diberikan sebuah label.
- Memastikan antena yang terhubung ke ISP tidak berubah posisi dari posisi semula dan berada pada kondisi Line Of Sight.
Apabila terjadi kesalahan dalam pengkabelan, dapat digunakan alat yang bernama LAN tester. Fungsi dari alat ini adalah untuk menguji redaman suatu kabel LAN, maupun struktur kabel tersebut.
Apabila
diketahui bahwa kesalahan disebabkan oleh rusaknya hub sehingga beberapa
user terganggu aktifitasnya. Komponen Switch dapat digunakan sementara untuk
mengatasi hal tersebut. Sedangkan apabila diketahui bahwa kesalahan disebabkan
oleh rusaknya router pinjaman dari ISP sehingga semua user yang tergabung dalam
jaringan tersebut terganggu aktifitasnya, maka PC Router dapat digunakan
sementara untuk meminimalkan gangguan tersebut.
Sementara itu
untuk dapat menguji konektifitas dan kinerja access point sehingga dapat
memonitor sedang dalam kondisi apa AP tersebut, dapat menggunakan sebuah
software yang bernama netstumbler.
Akan tetapi
ada keterbatasan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan jaringan. Ada prosedur-prosedur
perawatan yang tidak dapat dilakukan oleh internal, contohnya antara lain sebagai berikut:
- Penginstallan Antena AP yang dipinjamkan oleh pihak ISP yang terletak pada kantor ISP tersebut
- Penginstallan kabel serat optik yang akan digunakan sebagai media penghubung dari ISP ke pelanggan
Sedangkan prosedur perawatan yang dapat dilakukan secara
internal contohnya antara lain adalah sebagai berikut:
- Pembersihan komponen jaringan dari debu dan kotoran lainnya
- Pembuatan dan penjagaan firewall untuk kepentingan perusahaan
Perawatan Perangkat Lunak
Berikut ini
adalah cara-cara dalam melakukan perawatan perangkat lunakjaringan agar
jaringan dapat beroperasi dengan baik:
- Tidak melakukan perangkat lunak yang memakan memori besar pada komputer yang berfungsi untuk memonitoring kondisi jaringan. Perangkat lunak yang memakan memori besar antara lain adalah game.
- Selalu memperbaharui kompatibilitas perangkat lunak dengan perangkat keras
Rekomendasi
pencegahan atau deteksi dini dari masalah-masalah yang sama pada peralatan dan
perangkat lunak di buat. Hal ini bertujuan agar penyelesaian untuk
masalah-masalah yang sama dapat dilakukan dengan cepat.
Dokumentasi Perawatan
Dokumentasi
hasil perawatan perangkat keras dan lunak dibuat untuk melengkapi persyaratan
standar proyek. Seiring dengan perkembangan teknologi, dokumentasi yang dibuat
secara digital memiliki kelebihan dibandingkan dokumentasi secara manual.
Contoh dari format digital adalah dengan membuat dokumen berformat .txt, .doc,
atau .pdf.
Tujuan dari
digitalisasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- Untuk melancarkan pengembangan yang sistematis tentang cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi informasi dan pengetahuan dalam format digital
- Untuk mengembangkan pengiriman informasi yang hemat dan efisien di semua sector
- Untuk mendorong upaya kerjasama yang sangat mempengaruhi investasi pada sumber-sumber penelitian dan jaringan komunikasi
Laporan
kesalahan dalam bentuk digital tersebut sebaiknya juga dicetak dan ditempatkan
pada dekat komponen jaringan sehingga dapat meminimalisasi waktu yang terbuang
akibat kecelakaan atau kerusakan pada jaringan.
Pembaharuan Jaringan
Seiring
dengan berkembangnya teknologi, banyak komponen jaringan yang muncul dengan
tujuan untuk meningkatkan kinerja jaringan menjadi lebih baik lagi. Agar dapat
bersaing, terkadang perusahaan haru selalu melakukan pembaharuan dalam
teknologi jaringan, baik komponen mau pun sistemnya.
Pembaharuan
juga dibutuhkan ketika sistem yang lama sudah dinilai tidak layak lagi.
Ketidaklayakan tersebut dapat dipandang dari segi kesalahan yang terjadi akibat
sistem lama tersebut, maupun ketidaksesuaian dengan kebutuhan bisnis perusahaan
saat ini dan di masa yang akan datang. Hal ini tentu membutuhkan suatu
perubahan sistem. Untuk dapat memenuhi permintaaan perubahan suatu sistem,
laporan kesalahan dan laporan help desk perlu dikumpulkan dan ditinjau terlebih
dahulu. Tujuannya adalah sebagai berikut:
- Untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengerjaan permintaan perubahan system
- Agar dapat menjalankan permintaan secara terstruktur sesuai dengan laporan dan permintaan yang ada
Modifikasi Sistem
Yang
merupakan modifikasi suatu sistem antara lain sebagai berikut:
- Koreksi kesalahan system
- Perbaikan system
- Pengembangan sistem
Staf yang
tepat ditugasi dalam pelaksanaan modifikasi sistem jaringan adalah sebagai
berikut:
- Administrator
- IT technical support
- Provider jaringan
Sedangkan
jika ingin melakukan modifikasi pada sistem operasi jaringan, tugas tersebut
lebih tepat diserahkan pada administrator atau programmer.
Koreksi Kesalahan Sistem
Berikut ini
adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan koreksi sistem
komputer.
- Memeriksa log system
Biasanya sistem melakukan pencatatan ke dalam log jika
sistem mengalami error. Selain agar dapat dikoreksi, laporan kesalahan juga
diperlukan untuk mengidentifikasi perubahan sistem jaringan.
- Melakukan pencarian kesalahan
- Membenahi dan membetulkan sistem yang salah
Pengembangan Sistem
Langkah-langkah
yang dilakukan dalam pengembangan sistem adalah sebagai berikut:
- Menilai kelayakan system
- Memperbaharui seluruh komponen dalam sistem
- Menyelaraskan dengan standarisasi teknologi yang baru
Dampak
Ketika
implementasi baru dilakukan dengan tujuan untuk pembaharuan jaringan, tentu
akan membawa dampak sementara bagi jaringan. Contoh dampak terhadap basis
pengguna antara lain adalah sebagai berikut:
- Pemadaman jaringan sementara waktu
- User akan off-line sementara waktu
Sedangkan
perubahan yang terjadi ketika terjadi migrasi dari jaringan kabel ke jaringan
nirkabel antara lain adalah sebagai berikut:
- Perubahan perangkat jaringan
- Perubahan kecepatan data
Sementara
itu, suatu perubahan dalam bentuk apapun termasuk topologi jaringan perlu
dilakukan klarifikasi kepada para pengguna jaringan agar tidak mengganggu
kinerja perusahaan.
Ada beberapa
hal yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut dari perubahan sistem jaringan,
sebagai berikut:
- Dokumentasi
Apabila suatu perubahan desain jaringan telah terbentuk
maka perlu dibuatkan suatu dokumen teknis atau dokumen pemakaian. Tujuannya
adalah menjadi pedoman tuntunan penjelasan perubahan suatu sistem jaringan.
Format dari dokumentasi ini adalah sebagai berikut:
- Menjabarkan topologi jaringan dan penjelasannya dengan bahasa yangmudah dimengerti
- Cara-cara standar seperti merubah IP komputer klien sesuai dengan topologi jaringan didefinisikan
Pelatihan
Pelatihan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pelatihan
klien terhadap permintaan perubahan sistem. Contoh bahan-bahan yang perlu
dipersiapkan dalam suatu pelatihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- Pengenalan dasar topologi jaringan
- Cara memberikan IP ke komputer masing-masing
- Troubleshooting apabila komputer klien tidak dapat terhubung ke jaringan
Suatu
pelatihan kepada klien tidak dapat dilakukan secara bersamaan untuk seluruh
bagian-bagian dalam perusahaan karena itu dalam pelaksanaannya perlu dibuatkan
jadwal untuk tiap-tiap bagian sesuai dengan materi yang akan diberikan.
Latihan
1. Cara apakah yang
digunakan untuk merawat perangkat keras sistem jaringan yang benar agar dapat
tetap beroperasi?
a.Membersihkan setiap perangkat keras jaringan dari debu
yang menumpuk
b.Menjual perangkat keras yang sudah berdebu tebal dengan
harga mahal
c.Melakukan penyusunan kabel LAN secara teratur untuk mudah
dalam melakukan penelusuran kesalahan
d.Memastikan antena yang terhubung ke ISP tidak berubah
posisi dari posisi semula dan berada pada kondisi Line Of Sight
e.Tidak ada pilihan jawaban yang benar
2. Cara apakah yang
digunakan untuk merawat perangkat lunak sistem jaringan yang benar agar dapat
tetap beroperasi?
a.Menjual perangkat lunak kepada masyarakat umum untuk
mendapatkan keuntungan tambahan
b.Selalu meng-update kompatibilitas perangkat lunak dengan
perangkat keras
c.Diizinkan menginstall perangkat lunak seperti game yang
memakan memori besar pada komputer yang berfungsi untuk memonitoring kondisi
jaringan
d.Dilarang menginstall perangkat lunak seperti game yang
memakan memori besar pada komputer yang berfungsi untuk memonitoring kondisi
jaringan
e.Semua pilihan jawaban benar
3. Berikut ini
manakah suatu prosedur yang dapat ditangani pihak internal perusahaan dalam
merawat dan menjaga sistem jaringan?
a. Penginstallan Antena AP yang dipinjamkan oleh pihak ISP
yang terletak pada kantor ISP tersebut
b. Pembersihan komponen jaringan dari debu dan kotoran
lainnya
c. Pembuatan dan penjagaan firewall untuk kepentingan
perusahaan
d. Penginstallan kabel serat optik yang akan digunakan
sebagai media penghubung dari ISP ke pelanggan
e. Perawatan kebersihan kantor beserta seluruh isinya
4. Langkah-langkah
dalam melakukan koreksi kesalahan dalam sistem komputer adalah..
a.Menginterogasi user
b.Memeriksa log sistim c.Melakukan
pencarian kesalahan
d.Memformat seluruh system e.Membenahi dan membetulkan sistem yang
salah
5.Dampak yang akan
berpengaruh terhadap jaringan ketika terjadi perubahan letak storage adalah..
a.Alamat dari storage akan dikonfigurasi ulang b.Jaringan di konfigurasi ulang
c.User akan kebingungan
d.Jaringan akan down dalam beberapa saat e.Perubahan topologi jaringan
6.Dokumentasi hasil
perawatan perangkat keras dan lunak dibuat untuk melengkapi persyaratan standar
proyek. Karena perkembangan teknologi format pembuatan itu dapat dilakukan
secara digital. Tujuan dari digitalisasi ini adalah..
a. Untuk formalitas prosedur kerja yang berlaku pada era
teknologi modern saat ini
b.Untuk melancarkan pengembangan yang sistematis tentang
cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi informasi dan pengetahuan
dalam format digital
c.Untuk mengembangkan pengiriman informasi yang hemat dan
efisien di semua sektor
d.Untuk menciptakan sistem yang membutuhkan tingkat
pengeluaran dana yang besar
e.Untuk mendorong upaya kerjasama yang sangat mempengaruhi
investasi pada sumber-sumber penelitian dan jaringan komunikasi
7. Berikut ini adalah
suatu metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah dalam sistem
jaringan antara lain..
a.Metode try and error
b.Metode penelusuran kesalahan sistem
c.Metode born to cook
d.Metode Chatting online
e.Metode Menanam bunga
Jawaban
1. a, c, dan d 5. a dan d
2. b dan d 6. b, c, dan e
3. b dan c 7. a dan b
4. b, c, dan e
By : Cut Iswahyuni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar